Kamis, 10 Mei 2012

Kebiasaan NgeBLog dan Peningkatan Kecerdasan Linguistik


Ngeblog, atau menulis di blog (website) adalah aktivitas yang cukup positif untuk melatih kecerdasan linguistik. Kita secara tidak langsung akan terlatih untuk bercerita, baik itu dengan bahasa kita sendiri, maupun dengan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan. Ngeblog secara luas dapat diartikan tak hanya menuliis di blog, tetapi juga membaca tulisan (blog) orang lain, tau lebih dikenal dengan istilah blogging atau blog walking.Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif (Armstrong, 2005) atau hal-hal yang berhubungan dengan kepekaan pada makna dan susunan kata (Hoerr, 2007). Oleh sebagian pakar pendidikan kecerdasan ini disebut sebagai kecerdasan verbal. Membaca dan menulis yang menjadi tolok ukur tes bakat tradisional merupakan contoh dari kecerdasan ini. Kecerdasan linguistik seringkali menjelma dalam kata-kata baik tulisan maupun lisan. (http://baguserek.blogspot.com)
Dengan ngeBlog kita secara tidak langsung akan terbiasa dan terlatih untuk menuangkan pikiran, ide, konsep ke dalam sebuah tulisan. Bagi blogger pemula, mungkin tulisan akan terasa aneh dan kaku, tata bahasanya juga sedikit tak beralur, namun hal itu cukup wajar. Kian lama, seiring seringnya si blogger membaca blog orang lain, dengan sendirinya tulisan si pemula tadi akan mulai memiliki alur yang bagus. Nantinya seorang blogger akan memiliki kecerdasan linguistik (kecerdasan yang terkait dengan bahasa) yang akan terus meningkat.
Namun sebagaimana ditulis Kompas dalam artikelnya tentang Tradisi Menulis Lebih Rendah daripada Minat Baca di http://edukasi.kompas.com, menjadikan perhatian tersendiri bagi sebagian kalangan seperti halnya komunitas bloggerngalam.
Blogger Ngalam sebagai komunitas blogger kota Malang, dengan “
Lomba Blog Wisata Sejarah Kota Malang” yang patut diacungi jempol ini, ingin menumbuhkan dan meningkatakan minat menulis di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat untuk gemar menulis dengan memanfaatkaan blog.
Dengan ngeblog, kita akan terbiasa untuk berbahasa, menyampaikan pemikiran, dan apa yang ada di benak kita agar bisa dibaca oleh orang lain. Soal mutu tulisan, perlahan tapi pasti, mutu tulisan dari seorang blogger kian lama juga pasti akan kian meningkat. Semakin sering seseorang blog walking dan blogging, kecerdasan lingustiknya akan semakin meningkat.
Dari seorang blogger menjadi penulis. Nah inilah salah satu manfaat yang mungkin dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat baik bagi si blogger maupun bagi pembaca. Tak sedikit blogger yang menjadi penulis ternama, seperti halnya si penulis “Kambing Jantan”, Raditya Dika yang juga seorang blogger.
Blogging juga tak hanya melatih kecerdasan linguistik, tapi juga dapat membantu intuisi visual karena seringnya melihat tampilan berbagai tema dari blog-blog yang dikunjungi. Secara tidak sadar sense of colour kita juga akan terpengaruhi, terutama para blogger yang memiliki kemampuan desain. Banyak diantara blogger yang juga memiliki kemampuan untuk membuat tema atau desain blog yang patut diacungi jempol.
NgeBlog sangat pas untuk menjadi bagian kurikulum pendidikan formal di negara kita, karena aktivitas ini secara tidak langsung akan menumbuhkan minat baca, dan minat menulis. Membudayakan membaca dan menulis blog juga akan meningkatkan minat si anak untuk memiliki kecerdasan lingusitik, dimana kecerdasan ini akan memberi manfaat kepada si anak untuk dapat bercerita/menulis atau menyampaikan pendapat kepada orang lain atau di depan audience, dengan perbendaharaan kata yang dimilikinya sebagai efek dari ngeblog ini. Ide-ide cemerlang akan muncul dengan sendirinya jika sering dilatih menulis dan membaca melalui aktivitas blogging.
Nah, itulah mengapa blogging atau ngeblog dapat meningkatkan kecerdasan linguistik.. Anda masih belum percaya? Mulailah ngeBlog sekarang dan lihat efeknya beberapa tahun ke depan.. *_^
“Orang yang gagal lebih daripada orang yang tak pernah berani mencoba”

Resensi : Resensi : Komunitas Blogger Malang (Ngalam)Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya



2 komentar:

  1. ciyeeeeeeee,, pantesan sering nge-blog skrng =))

    BalasHapus
  2. @Regalians News : wkwkw ia gitu deh kak.. terinspirasi dri blog kkak.. heheh

    BalasHapus

Terima kasih..:)