Sabtu, 19 Mei 2012

++-Sejarah Mojokerto-++



Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, dan Selamat Malam Reader. :) :) :)
Oke, back with us, Ai IV Community. To the point aja yach. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu tentang sejarah Mojokerto. Tapi sebelum itu alangkah baiknya kalau berkenalan dengan Mojokerto. Kan ada pepatah gini “ kalau tak kenal maka tak sayang”. Wkkwkw tapi kalau uda kenal jangan di sayang yach.. ntar sobat di marahin sama gebetannya mojokerto, rasain lu... wkwkkwk.emank punya..??(maybe)
Sebenarnya Mojokerto ini akrab di sapa dengan “Moxer” alias nama kerennya. Hehe...^_^ . Sebagai wilayah yang terletak di Jatim(Jawa Timur Sob bukan Jakarta Timur...), Indonesia. Mojokerto adalah tempat pertama kalinya di temukan kerajaan Majapahit.
Mojokerto, terutama Kabupaten Mojokerto termasuk dalam daerah strategis di Jawa Timur, Indonesia yang wilayah geografisnya terletak pada posisi 7’71 Lintang Selatan Untuk 7’45’ dan 111’19’’ untuk 112’39 Bujur.
1. di utara berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Gresik,
2. di selatan berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Pasuruan
3. di timur berbatasan dengan Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.
Mojokerto merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang memiliki berbagai objek yang kaya dan objek wisata yang sangat banyak diantaranya obyek wisata alam,budaya,kepurbakalaan,wisata buatan dan pendukung wisata kerajinan/cinderamata serta makanan khas dan juga produk unggulan. Situs peninggalan kerajaan Majapahit di Trowulan misalnya merupakan bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Mojokerto dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan besar yang berhasil menyatukan wilayah Nusantara. Kebesaran Majapahit tentunya menjadikan masyarakat Mojokerto masih mewarisi keagungan budayanya. Menurut catatan sejarah dan beberapa prasasti yang layak dipercaya menunjukkan bahwa, pusat pemerintahan kerajaan Majapahit berada di wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Mojokerto tepatnya di Trowulan.
Dari beberapa situs peninggalan Majapahit tersebut selain mempunyai nilai sejarah yang tinggi juga merupakan daya tarik wisata yang sangat memikat. Termasuk benda-benda peninggalan yang berupa patung serta peninggalan yang lainnya dapat dilihat dalam museum purbakala yang letaknya dekat dengan Pendopo Agung yangmerupakan bangunan khas jawa Majapahit yang didirikan diarea dimana terdapat beberapa umpak yang diyakini sementara orang sebagai umpak bangunan keraton Majapahit. Selain trowulan Gunung Penanggungan juga merupakan daerah wisata budaya yang cukup menarik. Disini tersebar tidak kurang dari delapan puluh candi, sehingga ada sementara orang menjuluki gunung Penanggungan denga istilah The Mountain with The Thousand Temples. Bentuk-bentuk candi di gunung Penanggungan sangat lain dengan candi pada umumnya,yaitu berupa bangunan teras berundak yang diatasnya terdapat altar upacara. Trawas selain sebagai kawasan wisata alam,juga terdapat peninggalan yang sangat spektakuler. Disini ditemukan Archa Buha Aksobya terbesar di Indonesia yang oleh masyarakat disebut dengan nama Reco Lanang dan Reco Wadon. Pengantin Majaputri misalnya merupakan salah satu bentuk replika keagungan budaya kerajaan Majapahit. Berbagai karya seni dan kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat Mojokerto merupakan cendera mata yang akan memberikan kenangan tersendiri bagi wisatawan yang datang dan membawanya.Datanglah bersama teman,keluarga ataupun teman spesial sebagai tempat refresing,belajar atau sekedar membawa oleh-oleh. Okey kalau anda penasaran banget datang saja di kotaku ini dijamin memuaskan dan happy ending.....Selamat Datang di Mojokerto. Hehe...
Warisan Kerajaan Majapahit di Trowulan adalah bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Mojokerto pernah menjadi pusat utama dari pemerintahan Kerajaan berhasil menyatukan Nusantara. Kebesaran Majapahit tentu membuat orang Mojokerto masih mewarisi kebesaran budaya. Menurut catatan sejarah dan beberapa prasasti yang menunjukkan handal yang, pusat administrasi kerajaan Majapahit di wilayah Kabupaten Mojokerto tepatnya di Trowulan. Untuk lebih detailnya. Klik salah di bawah ini...
1. Candi Brahu Trowulan, Mojokerto
2. Candi Tikus Trowulan, Mojokerto
3. Candi Gentong Trowulan, Mojokerto
4. Candi Bajang Ratu Trowulan, Mojokerto
5. Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto

1 komentar:

Terima kasih..:)