Senin, 23 Juli 2012

+++- ALTER EGO. Do You Know?? -+++


Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, dan Selamat Malam Reader. :) :) :)
MARHABAN YA RAMADHAN ya.. (bagi yang menjalankannya sih..). di hari yang penuh berkah ini saya akan share tentang ALTER EGO, do you know?

Siapakah 2 fulan diatas ? yupz, Yugi dan Yami!, dua tokoh anime yang sering kita lihat di film kartun Yu-Gi-Oh.
Yami or Yugi bisa dikatakan memiliki kepribadian ganda atau para ahli biasa menyebutnya dengan kata “Alter Ego”. Nah sobat tau nggak apa sih berkepribadian ganda atau alter ego. ?
Pemecahan kepribadian sering juga disebut kepribadian ganda merupakan suatu keadaan di mana kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya.  Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus. Kadang si penderita pun tidak tau ia memiliki kepribadian tersebut.
Weewwww...
Mungkin tidak ada orang yang benar-benar bisa memahami masalah kepribadian ganda. Sebelum abad ke-20, gejala psikologi yang disebut alter ego atau Dissociative Identity Disorder(DJD). Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun mereka akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki cara berpikir, ingatan dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda. Masih bingung??
Sobat pernah nggak tanya sesuatu ke temen tapi dapet jawaban yang tidak berhubungan sama sekali ? kalo’ pernah aku yakin kalain akan komentar, “GEJE!”.
Disosiasi secara sederhana dapat diartikan sebagai terputusnya hubungan antara pikiran, perasaan, tindakan dan rasa seseorang dengan kesadaran atau situasi yang sedang terjadi disosiasi, namun jauh lebih rumit dibanding sekedar “GEJE”.
Ketika dewasa, kita memeiliki karakter dan kepribadian yang cukup kuat dalam menghadapi problem di kehidupan kita. Namun, pada anak yang masih berusia di bawah tujuh tahun, kekuatan itu belum muncul sehingga mereka akan mencari cara lain untuk bertahan terhadap sebuah pengalaman traumatis, yaitu dengan disosiasi. Dengan menggunakan cara ini seorang anak dapat membuat pikiran sadarnya terlepas dari pengalaman mengerikan yang menimpanya, atau libih gampangnya si anak akan berusaha lari dari kenyataan dengan menjadi pribadi yang lain. Alter ego disebabkan oleh faktor trauma di masa kecil seperti kekerasan, keluarga broken home, pelecehan seksual, dan sebangsanya. Oia, pribadi-pribadiyang terbentuk ini nggak Cuma terbatas pada dua pribadi lho. Dalam beberapa kasus bisa sampai 16,24 atau bahkan 100 ~!
Wooow...
Ketika membaca paragraf-paragraf di atas, mungkin sobat segera teringat dengan salah seorang teman yang suka mengubah-ubah penampilannya. Bagi kalian, sepertinya ia memiliki identitas yang berbeda. Atau mungkin kalian teringat dengan salah seorang teman kalian yang biasa tersenyum, namun secara tiba-tiba dikuasai oleh emosi. Ketika amarahnya meledak, kalian bisa melihat wajahnya tiba-tiba berubah menjadi seperti “serigala”. Bagi kalian, sepertinya identitas baru yang penuh amarah telah menguasainya. (atau mungkin aja sobat segera sama diri sendiri. Hehehe..)
Apakah mereka pengidap DJD?
Bagaimana cara kita mengetahuinya?
Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara membedakannya, lihat empat ciri di bawah ini. Jika di dalam diri seseorang terdapat empat ciri ini, maka bisa dipastikan kalau ia mengidap DJD atau kepribadian ganda. Ciri-ciri tersebut yakni :
ü Harus ada dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda di dalam diri orang tersebut
ü Kepribadian-kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut(switching).
ü Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa
ü Gangguan” yang terjadi ini tidak terjadi karena efek psikologi dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis seperti demam.
Misteri lainnya menyangkut kasus Billy Milligan yang paling menarik. Billy adalah seorang mahasiswa yang dihukum karena memperkosa beberapa wanita. Dalam segi pemeriksaan kejiwaan, ditemukan 24 identitas berbeda dalam dirinya. Identitas yang mengaku bertanggung jawab atas tindakan pemerkosaan itu adalah seorang wanita. Identitas lain bernama Arthur yang merupakan orang Inggris dan memiliki pengetahuan luas.
Dalam interogasi, Arthur ternyata bisa mengungkapkan keahliannya dalam hal medis, padahal Arthur tidak pernah mempelajari soal-soal medis. Menariknya, Arthur ternyata lancar berbahasa arab. Bahasa ini juga tidak pernah dipelajari oleh Billy. Identitas lain bernama Regan bisa berbicara dalam bahasa serbia kroasia. Regan juga tidak pernah mempelajari bahasa ini.
Bagaimana Billy, Regan dan Arthur bisa berbicara dalam semua bahasa itu jika ia tidak pernah mempelajarinya. Wallahu a’lam lah
Misteri ini belum terpecahkan hingga hari ini. Kecuali tentu saja kalau kita menganggap Billy hanya mengalami kasus kerasukan setan dan tidak menderita DJD.^_^
Enak kali ya terkena virus ALTER EGO secara tiba-tiba hahahagz. Aku bisa menjadi diri sendiri dan orang lain. (khayalan tingkat dewa deh :p). Tapi repot deh jadinya. Oke deh ingat kata d’masiv “syukuri apa yang ada” dan dari aku “BE YOUR SELF” deh :) wkwkkw
Sekian deh post saya kali ini.

^-^ SEMOGA BERMANFAAT ^-^

7 komentar:

Terima kasih..:)